MASA ORIENTASI SISWA (MOS) SMA NEGERI
AJIBARANG
Masa Orientasi Siswa (MOS) SMA Negeri Ajibarang dimulai
sejak senin, 15 Juli 2013 sampai Rabu, 17 Juli 2013. MOS dilaksanakan selama 3
hari. Karena MOS bersamaan dengan bulan ramadhan, banyak sekali kompensasi-kompensasi
yang diberikan pihak OSIS SMA Negeri Ajibarang selaku panitia kepada calon
peserta didik baru. Siswa masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 13.00. berbeda
dengan tahun sebelumnya yang melaksanakan MOS selama 5 hari berturut-turut
dengan ketentuan jam 06.00 siswa harus sudah sampai disekolah dan pulang pukul
16.30. di MOS tahun ini, tidak ada kegiatan outdoor/diluar ruangan. Berbeda
dengan tahun lalu.
Di SMA Negeri Ajibarang ada 9 kelas untuk kelas X yang baru
mendaftar. Jadi ada kelas XA-XI. Karena penjurusan masih dalam proses, jadi
adanya kelas XA-XI, bukan kelas Matematik-science maupun kelas Social.
Dari masing-masing kelas, peserta MOS diwajibkan untuk
mengikat rambut yang tinggi bagi yang tidak berkerudung, dengan pita yang
diikatkan pada rambut, pita sesuai dengan warna identitas kelas. Untuk yang
berkerudung wajib memakai kerudung yang tidak terawang dan menggunakan jarum
pentul, tidak boleh menggunakan peniti. Bagi siswa yang berkerudung wajib
menggunakan pita sesuai warna identitas kelas harus disematkan didada sebelah
kiri.
Jadwal pada MOS sempat berubah beberapa kali karena adannya
gangguan dari intern maupun ekstern. Berikut adalah jadwal kegiatan MOS yang
telah disepakati dan dijalani.
Pada hari senin, ada upacara pembukaan MOS di UPK Ajibrang.
SMA Negeri Ajibarang mengirimkan 40 calon peserta didik baru untuk mengikuti
upacara tersebut. Selain upacara di UPK Ajibarang, ada juga upacara pembukaan
MOS di SMA Negeri Ajibarang. Tepatnya di dalam ruang aula SMA Negeri Ajibarang.
Setelah upacara pembukaan MOS selesai dilanjutkan dengan absensi dan
pengumpulan tugas oleh masing-masing bina damping. Setelah itu diadakan
baksos/bakti sosial. Masing-masing kelas mengirimkan 6 perwakilan yan g terdiri
dari 2 anak putra dan 4 anak putri. Bagi siswa yang tidak mengikuti baksos,
mereka melaksanakan kebersihan dilingkungan kelas masing-masing.
Setelah kegiatan baksos selesai, mereka diberi waktu 15
menit untuk istirahat. Setelah itu dilanjutkkan perkenalan pengurus OSIS SMA
Negeri Ajibarang periode 2012/2013. Semua pengurus OSIS memperkenalkan diri
dimulai dari anak bidang kemudian anak PH. Acara perkenalan dilaksanakan di
aula SMA Negeri Ajibarang.
Selanjutnya seluruh peserta MOS kembali ke kelas
masing-masing dan melanjutkan agenda selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Hymne
SMANA yang dipandu oleh bina damping masing-masing kelas. Dilanjutkan dengan
Pre Test dan Pos Tes. Dimana bina damping menunjuk anak dampingnya untuk
menyanyikan Hymne SMANA yang sudah diajarkan dan menyanyikan lagu nasional. Setelah
acara selesai, mereka melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah dilanjutkan dengan
pemberian informasi untuk MOS hari berikutnya.
Seperti biasa hari kedua jam 08.00 absensi dan pengumpulan
tugas. Lalu dilanjutkan seminar Wawasan Wiyata Mandala yang diisi oleh kepala SMA Negeri Ajibarang. Pukul
08.55-09.10 peserta istirahat kemudian dilanjutkan untuk sosialisasi Tatakrama
Budi Pekerti dan Akhlak Mulia oleh kesiswaan.
Dilanjutkan kembali dengan seminar peminatan oleh BK lalu
setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan kurikulum oleh waka kurikulum yaitu
bapak Kusno. Lalu teori PBB oleh bina damping masing-masing kelas. Bina damping
mencontohkan gerakan-gerakan baris berbaris sedangkan para paserta
memperhatikan bina damping. Setelah acara PBB selesai dilanjutkan dengan sholat
dan pembagian informasi oleh bina dmping lalu pulang.
Pada hari ketiga seperti biasa pukul 08.00 pengumpulan tugas
dan absensi lalu pukul 08.10-09.15 diisi dengan acara mental keagamaan oleh
bapak Abdul Qodir A, S.Ag. acara ini dilaksanakan di ruang aula. Setelah selesai
lalu peserta MOS diizinkan untuk istirahat 15 menit sampai pukul 09.30.
kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kesadaran berbangsa dan bernegara oleh
bapak Peter Karsenda hingga pukul 10.45. kemudian dilanjutkan kembali kekelas
masing-masing dan melanjutkan acara selanjutnya yaitu kertangkes didampingi oleh
bina damping masing-masing. Setelah selesai untuk acara yang terakhir yaitu
sholat dan informasi dilanjutkan berkumpul di aula untuk melaksanakan upacara
penutuan kemudian sosialisasi tentang ekstrakurikuler dan organisasi serta
pembacaan panasdingin Gobel Awards. Setelah itu peserta diizinkan untuk pulang
kerumah masing-masing.
Komentar
Posting Komentar