Langsung ke konten utama

Pelaksanaan Kemah Dasar Kepemimpinan (KDK)

Disaat siswa-siswi lain sedang menikmati liburan Akhir Semester, pengurus OSIS SMA N Ajibarang disibukkan oleh sebuah kegiatan yang sangat penting untuk kelanjutan Organisasi ini. Kemah Dasar Kepemimpinan (KDK) diselenggarakan dari 17 sampai 20 Desember 2012, bertempat di SMA N Ajibarang dengan panitia pengurus OSIS kelas XI sebanyak 13 siswa terhadap pesertanya yaitu pengurus OSIS kelas X yang berjumlah 24 siswa. Pelatihan mental dan fisik yang teramat intensif dimaksudkan untuk men-"kelas-sebelaskan" kelas 10, yaitu mendongkrak mental, sikap,dan fisik pengurus kelas 10 agar mampu menjalankan kepengurusan OSIS setelah pengurus kelas XI dilepas-tugaskan . Diantara kegiatan yang diadakan ialah pelatihan Baris Berbaris, Interview, games, dll. selama 3 malam berkemah di lapangan SMA N Ajibarang para peserta menerima bimbingan yang bisa dikatakan cukup keras, demi terbentuknya mental yang kuat diantara kelas X. Dalam pelaksanaannya peserta di tempatkan dalam kondisi yang menegangkan agar mereka dapat menyesuaikan diri ketika kejadian serupa benar-benar terjadi dalam kepengurusan mereka. Meskipun pelatihan yang diadakan dalam perkemahan ini bisa dianggap keras, tetapi pihak penyelenggara tidak akan melewati batas. Kelas XI tahu mereka memiliki batas-batas yang tidak boleh mereka lewati.



Kegiatan KDK dimulai pada pukul 07.00, semua peserta wajib datang maksimal pukul 07.00,dengan membawa berbagai perlengkapan yang telah ditentukan oleh panitia KDK. Perlengkapan yang dibawa peserta tentunya harus sama dan kompak antara satu peserta dengan peserta lainnya. Perlengkapan yang dibawa juga disamarkan namanya dengan tujuan agar peserta bingung dan berpikir untuk mencari tahu apa sebenarnya perlengkapan yang dibawa itu. Peserta juga tidak diperbolehkan untuk membawa barang-barang elektronik dan tidak diperkenankan untuk membawa sepeda motor.
KDK dibuka dengan apel pembukaan sekitar pukul 07.30. Ketua umum OSIS SMA Negeri Ajibarang, Kukuh Setya Amulang yang mana berperan sebagai pembina apel, menyampaikan beberapa tujuan KDK. Diantaranya, KDK semata-mata bukan untuk mengadili, menghakimi, melecehkan, memarahi maupun menjajah para pesertanya, tapi untuk melatih para pesertanya supaya lebih baik lagi, supaya lebih berkarakter dan untuk melatih semua peserta agar mempunyai jiwa kepemimpinan, mengingat semua pesertanya adalah pengurus OSIS SMA Negeri Ajibarang kelas X yang belum mempunyai pengalaman yang cukup dan masih perlu bimbingan dari pengurus OSIS kelas XI.
Selama KDK, banyak sekali pelajaran yang didapatkan peserta. Peserta dilatih untuk mendewasakan diri, untuk tidak egois kepada sesama peserta lainnya dan untuk lebih mandiri. Di KDK ini, panitia sangat baik dan perhatian kepada peserta, walaupun ada diantara mereka yang sengaja bersikap tidak biasa dan sering memarahi peserta. Sehingga banyak dari peserta merasa takut dan tengang. Tapi itu semua tidak berlangsung lama. Setelah kegiatan KDK ini selesai, panitia yang terlihat galak, sekarang kembali seperti semula, penuh canda tawa bersama, dan penuh senyuman kebahagiaan.
Suka dan duka dirasakan bersama oleh semua peserta KDK. Walaupun ada diantara mereka yang tidak bisa mengikuti KDK karena sakit. Para peserta benar-benar merasakan apa itu artinya kebersamaan dan persahabatan. Mengingat semua kegiatan itu harus dilaksanakan bersama-sama dengan kelompoknya masing-masing. Peserta KDK yang jumlahnya 24 peserta itu dibagi menjadi 3 kelompok, dengan masing-masing kelompok ada 8 peserta. Tapi ada juga diantara para peserta yang sakit pada saat kegiatan berlangsung. Diantara para peserta yang sakit itu, panitialah yang paling berjasa, karena mereka yang merawat peserta yang sakit. Sedangkan peserta yang lain tetap mengikuti kegiatan.
Setiap pagi hari peserta harus berolahraga seperti yang telah dijadwalkan oleh panitia. Olahraga tersebut diantaranya adalah sepak bola yang ditandingkan untuk para peserta. Kemudian ada juga olahraga basket, yang ditandingkan antara peserta putra dan panitia putra. Ada juga senam pagi yang diikuti oleh seluruh peserta tiap paginya. Olahraga tersebut bukan hanya sekedar permainan saja, melainkan mempunyai tujuan yang bermanfaat, salah satunya adalah untuk melatih kekompakan dan kebersamaan.
Siang harinya peserta melakukan kegiatan baris-berbaris/LKBB, ada pula outbond yang dilaksanakan didesa sekitar SMA Negeri Ajibarang. Didalam outbond itu ada beberapa pos yang harus dilaksanakan oleh para pesertanya.
Peserta juga dituntut untuk memasak sendiri. Banyak kendala yang dilalui peserta pada kegiatan masak tersebut. Salah satunya adalah kompor dari salah satu kelompok yang tidak bersahabat, sehingga disini dituntut sekali untuk berbagi antar sesama kelompok. Banyak juga pengalaman yang didapatkan peserta dari tuntutan tersebut.
Dalam kegiatan KDK yang berdurasi 4 hari itu, benar-benar merubah semua sifat buruk dari peserta kelas X. Mereka menjadi lebih mengerti dan memahami serta lebih memaknai apa itu arti kebersamaan dan persahabatan. Banyak dari mereka  juga mengalami perubahan yang tidak disangka-sangka sebelumnya. Mereka menjadi lebih dewasa, lebih pengertian kepada sesama pengurus OSIS lainnya, dan mengurangi sifat egois mereka. Itu semua dirasakan pada saat dan setelah kegiatan KDK dilaksanakan.
4 hari yang bermakna itu ditutup dengan apel penutupan sekitar pukul 10.00 setelah semua peserta selesai mengemasi barang-barang mereka. Peserta meminta maaf kepada panitia atas semua kesalahan yang telah mereka perbuat kepada panitia sehingga membuat panitia marah. Begitu pula sebaliknya. Panitia juga meminta maaf kepada peserta karena mereka sudah memarahi peserta saat KDK berlangsung. Tapi itu juga karena untuk kebaikan peserta.
Banyak sekali pengajaran dan pengalaman yang didapatkan peserta saat KDK berlangsung. 4 hari yang bermakna itu takkan pernah terlupakan oleh para peserta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR PENGURUS OSIS SMA NEGERI 1 AJIBARANG PERIODE 2022/2023

  Struktur Organisasi Siswa Intra Sekolah  SMA Negeri 1 Ajibarang Periode 2022/2023 NAMA JABATAN Naila Safa Nur Idzkia Ketua Umum Sulthon Dzakki Fadlurrohman Ketua 1 Afif Farikhin Hermansyah Putra Ketua 2 Judith Egalita Adliah Sekretaris Umum Febby Valentasari Sabbela Sekretaris 1 Zalfa Farras Janitra Sekretaris 2 Syarifah Nur Aidah Bendahara Umum Nabila Syarifatus Syafa Bendahara 1 Nayla Andrreyna Nur Aziza Bendahara 2 Jingga Kusuma Azhary Bidang 1 Luthfia Nur Rachma Muhammad Fayiz Azmi Imeiliana Najhua Iskandar Bidang 2 Nefa Farasmita Islamy Nafisa Zayyan Adisty Ahmad Fakih Fajri Bidang 3 Fahmi Yusuf Maulida Naura Syahlaa Rajwatika Nadziva Awaliya Rizqi Bidang 4 Agung Lautfian Nia Kartika Putri Aditya Herdi Hermawan Bidang 5 Barret Fairuz Azizah Rosalia Saputri Andini Naya Mauhiba Bidang 6 Ghina Naila Ayu Sukoco Nayla Wangsa Wandanna Refi Dwi Mukti Bidang 7 Azahra Amrida Khoirunisa Laila Nur Jannah Irmil Mutiang Solehah Bidang 8 Annisa Fawwas Rizqonita Mutia Malikhah Dea Eka Wacining

OSIS SMA NEGERI 1 AJIBARANG

OSIS SMA Negeri 1 Ajibarang  atau  OSIS SMANA  adalah organisasi sah di sekolah yang memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah berdasarkan kurikulum. OSIS SMA Negeri 1 Ajibarang  memiliki nama lain yaitu  MAHESA MAHAWIRA  dari bahasa sansekerta yang artinya pemimpin diantara para pemimpin.  Pada kepengurusan OSIS periode 2022/2023, OSIS SMANA di ketuai oleh Naila Safa Nur Idzkia yang memiliki visi dan misi sebagai berikut :  Visi : Menjadikan OSIS sebagai wadah penyaluran untuk meningkatkan kualitas program kerja yang sudah terlaksana dengan kreatif dan inovatif serta mempertahankan SMA Negeri 1 Ajibarang sebagai sekolah adiwiyata mandiri. Misi : 1. Memperkuat nilai keagamaan atau ketaqwaan dan keimanan terhadap Tuhan YME dilingkungan SMA Negeri 1 Ajibarang dengan meningkatkan dan memajukan kegiatan Imtaq. 2. Menjadikan siswa/i SMA Negeri 1 Ajibarang sebagai siswa/i yang selalu membudayakan literasi.  3. Meningkatkan prestasi siswa/i SM

Kantin Kejujuran

       Kejujuran adalah sesuainya ucapan dengan kenyataan atau sesuainya lahir dan batin. Jujur juga berarti tidak bohong. Kejujuran merupakan salah satu sifat terpuji yang harus diterapkan oleh setiap orang karenakejujuran akan membawa ke kebaikan. Kejujuran juga akan membawa ketentraman dan kedamaian hal ini diterapkan oleh setiap orang. Namun, meski demikian terkadang karena kurangnya kesadaran , seseorang terkadang melakukan tindakan yang tidak jujur yang dapat merugikan pihak lain. Tanpa dia sadari , tindakannya yang tidak jujur juga akan membawa dampak buruk bagi dirinya sendiri.        Berkaitan dengan pentingnya kejujuran, OSIS SMA N Ajibarang yaitu bidang 6 (Pembinaan Kreatifitas, Ketrampilan dan Kewirausahaan mengadakan program kerja Kanti Kejujuran yang di adakan sejak 16 November 2013. Perbedaan antara kantin kejujuran dengan kanti biasa adalah pada kanti kejujuran tidak dijaga oleh pejual, sehingga pembeli melayani dirinya sendiri. Program kerja ini diadakan dengan tujuan