Langsung ke konten utama

masa orientasi siswa SMA Negeri Ajibarang


MASA ORIENTASI SISWA (MOS) SMA NEGERI AJIBARANG

Masa Orientasi Siswa (MOS) SMA Negeri Ajibarang dimulai sejak senin, 15 Juli 2013 sampai Rabu, 17 Juli 2013. MOS dilaksanakan selama 3 hari. Karena MOS bersamaan dengan bulan ramadhan, banyak sekali kompensasi-kompensasi yang diberikan pihak OSIS SMA Negeri Ajibarang selaku panitia kepada calon peserta didik baru. Siswa masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 13.00. berbeda dengan tahun sebelumnya yang melaksanakan MOS selama 5 hari berturut-turut dengan ketentuan jam 06.00 siswa harus sudah sampai disekolah dan pulang pukul 16.30. di MOS tahun ini, tidak ada kegiatan outdoor/diluar ruangan. Berbeda dengan tahun lalu.
Di SMA Negeri Ajibarang ada 9 kelas untuk kelas X yang baru mendaftar. Jadi ada kelas XA-XI. Karena penjurusan masih dalam proses, jadi adanya kelas XA-XI, bukan kelas Matematik-science maupun kelas Social.
Dari masing-masing kelas, peserta MOS diwajibkan untuk mengikat rambut yang tinggi bagi yang tidak berkerudung, dengan pita yang diikatkan pada rambut, pita sesuai dengan warna identitas kelas. Untuk yang berkerudung wajib memakai kerudung yang tidak terawang dan menggunakan jarum pentul, tidak boleh menggunakan peniti. Bagi siswa yang berkerudung wajib menggunakan pita sesuai warna identitas kelas harus disematkan didada sebelah kiri.
Jadwal pada MOS sempat berubah beberapa kali karena adannya gangguan dari intern maupun ekstern. Berikut adalah jadwal kegiatan MOS yang telah disepakati dan dijalani.
Pada hari senin, ada upacara pembukaan MOS di UPK Ajibrang. SMA Negeri Ajibarang mengirimkan 40 calon peserta didik baru untuk mengikuti upacara tersebut. Selain upacara di UPK Ajibarang, ada juga upacara pembukaan MOS di SMA Negeri Ajibarang. Tepatnya di dalam ruang aula SMA Negeri Ajibarang. Setelah upacara pembukaan MOS selesai dilanjutkan dengan absensi dan pengumpulan tugas oleh masing-masing bina damping. Setelah itu diadakan baksos/bakti sosial. Masing-masing kelas mengirimkan 6 perwakilan yan g terdiri dari 2 anak putra dan 4 anak putri. Bagi siswa yang tidak mengikuti baksos, mereka melaksanakan kebersihan dilingkungan kelas masing-masing.
Setelah kegiatan baksos selesai, mereka diberi waktu 15 menit untuk istirahat. Setelah itu dilanjutkkan perkenalan pengurus OSIS SMA Negeri Ajibarang periode 2012/2013. Semua pengurus OSIS memperkenalkan diri dimulai dari anak bidang kemudian anak PH. Acara perkenalan dilaksanakan di aula SMA Negeri Ajibarang.
Selanjutnya seluruh peserta MOS kembali ke kelas masing-masing dan melanjutkan agenda selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Hymne SMANA yang dipandu oleh bina damping masing-masing kelas. Dilanjutkan dengan Pre Test dan Pos Tes. Dimana bina damping menunjuk anak dampingnya untuk menyanyikan Hymne SMANA yang sudah diajarkan dan menyanyikan lagu nasional. Setelah acara selesai, mereka melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah dilanjutkan dengan pemberian informasi untuk MOS hari berikutnya.
Seperti biasa hari kedua jam 08.00 absensi dan pengumpulan tugas. Lalu dilanjutkan seminar Wawasan Wiyata Mandala yang diisi  oleh kepala SMA Negeri Ajibarang. Pukul 08.55-09.10 peserta istirahat kemudian dilanjutkan untuk sosialisasi Tatakrama Budi Pekerti dan Akhlak Mulia oleh kesiswaan.
Dilanjutkan kembali dengan seminar peminatan oleh BK lalu setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan kurikulum oleh waka kurikulum yaitu bapak Kusno. Lalu teori PBB oleh bina damping masing-masing kelas. Bina damping mencontohkan gerakan-gerakan baris berbaris sedangkan para paserta memperhatikan bina damping. Setelah acara PBB selesai dilanjutkan dengan sholat dan pembagian informasi oleh bina dmping lalu pulang.
Pada hari ketiga seperti biasa pukul 08.00 pengumpulan tugas dan absensi lalu pukul 08.10-09.15 diisi dengan acara mental keagamaan oleh bapak Abdul Qodir A, S.Ag. acara ini dilaksanakan di ruang aula. Setelah selesai lalu peserta MOS diizinkan untuk istirahat 15 menit sampai pukul 09.30. kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kesadaran berbangsa dan bernegara oleh bapak Peter Karsenda hingga pukul 10.45. kemudian dilanjutkan kembali kekelas masing-masing dan melanjutkan acara selanjutnya yaitu kertangkes didampingi oleh bina damping masing-masing. Setelah selesai untuk acara yang terakhir yaitu sholat dan informasi dilanjutkan berkumpul di aula untuk melaksanakan upacara penutuan kemudian sosialisasi tentang ekstrakurikuler dan organisasi serta pembacaan panasdingin Gobel Awards. Setelah itu peserta diizinkan untuk pulang kerumah masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR PENGURUS OSIS SMA NEGERI 1 AJIBARANG PERIODE 2022/2023

  Struktur Organisasi Siswa Intra Sekolah  SMA Negeri 1 Ajibarang Periode 2022/2023 NAMA JABATAN Naila Safa Nur Idzkia Ketua Umum Sulthon Dzakki Fadlurrohman Ketua 1 Afif Farikhin Hermansyah Putra Ketua 2 Judith Egalita Adliah Sekretaris Umum Febby Valentasari Sabbela Sekretaris 1 Zalfa Farras Janitra Sekretaris 2 Syarifah Nur Aidah Bendahara Umum Nabila Syarifatus Syafa Bendahara 1 Nayla Andrreyna Nur Aziza Bendahara 2 Jingga Kusuma Azhary Bidang 1 Luthfia Nur Rachma Muhammad Fayiz Azmi Imeiliana Najhua Iskandar Bidang 2 Nefa Farasmita Islamy Nafisa Zayyan Adisty Ahmad Fakih Fajri Bidang 3 Fahmi Yusuf Maulida Naura Syahlaa Rajwatika Nadziva Awaliya Rizqi Bidang 4 Agung Lautfian Nia Kartika Putri Aditya Herdi Hermawan Bidang 5 Barret Fairuz Azizah Rosalia Saputri Andini Naya Mauhiba Bidang 6 Ghina Naila Ayu Sukoco Nayla Wangsa Wandanna Refi Dwi Mukti Bidang 7 Azahra Amrida Khoirunisa Laila Nur Jannah Irmil Mutiang Solehah Bidang 8 Annisa Fawwas Rizqonita Mutia Malikhah Dea Eka Wacining

OSIS SMA NEGERI 1 AJIBARANG

OSIS SMA Negeri 1 Ajibarang  atau  OSIS SMANA  adalah organisasi sah di sekolah yang memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah berdasarkan kurikulum. OSIS SMA Negeri 1 Ajibarang  memiliki nama lain yaitu  MAHESA MAHAWIRA  dari bahasa sansekerta yang artinya pemimpin diantara para pemimpin.  Pada kepengurusan OSIS periode 2022/2023, OSIS SMANA di ketuai oleh Naila Safa Nur Idzkia yang memiliki visi dan misi sebagai berikut :  Visi : Menjadikan OSIS sebagai wadah penyaluran untuk meningkatkan kualitas program kerja yang sudah terlaksana dengan kreatif dan inovatif serta mempertahankan SMA Negeri 1 Ajibarang sebagai sekolah adiwiyata mandiri. Misi : 1. Memperkuat nilai keagamaan atau ketaqwaan dan keimanan terhadap Tuhan YME dilingkungan SMA Negeri 1 Ajibarang dengan meningkatkan dan memajukan kegiatan Imtaq. 2. Menjadikan siswa/i SMA Negeri 1 Ajibarang sebagai siswa/i yang selalu membudayakan literasi.  3. Meningkatkan prestasi siswa/i SM

Kantin Kejujuran

       Kejujuran adalah sesuainya ucapan dengan kenyataan atau sesuainya lahir dan batin. Jujur juga berarti tidak bohong. Kejujuran merupakan salah satu sifat terpuji yang harus diterapkan oleh setiap orang karenakejujuran akan membawa ke kebaikan. Kejujuran juga akan membawa ketentraman dan kedamaian hal ini diterapkan oleh setiap orang. Namun, meski demikian terkadang karena kurangnya kesadaran , seseorang terkadang melakukan tindakan yang tidak jujur yang dapat merugikan pihak lain. Tanpa dia sadari , tindakannya yang tidak jujur juga akan membawa dampak buruk bagi dirinya sendiri.        Berkaitan dengan pentingnya kejujuran, OSIS SMA N Ajibarang yaitu bidang 6 (Pembinaan Kreatifitas, Ketrampilan dan Kewirausahaan mengadakan program kerja Kanti Kejujuran yang di adakan sejak 16 November 2013. Perbedaan antara kantin kejujuran dengan kanti biasa adalah pada kanti kejujuran tidak dijaga oleh pejual, sehingga pembeli melayani dirinya sendiri. Program kerja ini diadakan dengan tujuan