Kantin Kejujuran

       Kejujuran adalah sesuainya ucapan dengan kenyataan atau sesuainya lahir dan batin. Jujur juga berarti tidak bohong. Kejujuran merupakan salah satu sifat terpuji yang harus diterapkan oleh setiap orang karenakejujuran akan membawa ke kebaikan. Kejujuran juga akan membawa ketentraman dan kedamaian hal ini diterapkan oleh setiap orang. Namun, meski demikian terkadang karena kurangnya kesadaran , seseorang terkadang melakukan tindakan yang tidak jujur yang dapat merugikan pihak lain. Tanpa dia sadari , tindakannya yang tidak jujur juga akan membawa dampak buruk bagi dirinya sendiri.
       Berkaitan dengan pentingnya kejujuran, OSIS SMA N Ajibarang yaitu bidang 6 (Pembinaan Kreatifitas, Ketrampilan dan Kewirausahaan mengadakan program kerja Kanti Kejujuran yang di adakan sejak 16 November 2013. Perbedaan antara kantin kejujuran dengan kanti biasa adalah pada kanti kejujuran tidak dijaga oleh pejual, sehingga pembeli melayani dirinya sendiri. Program kerja ini diadakan dengan tujuan untuk membudayakan perilaku jujur bagi seluruh siswa SMA N Ajibarang . Selain itu juga bertujuan untuk mengukur tingkat kejujura siswa SMA N Ajibarang.


       Program kerja kantin kejujuran dibagi menjadi tiga cabang yang berbeda letaknya dengan tujuan agar dapat dengan mudah dijangkau. Kantin kejujuran menyediakan berbagai makanan ringan dan minuman. Contohnya untuk makanan ringan antara lain biskuit, kripik, dan permen serta snak yang lain. Makanan ringan yang di jual juga berbeda untuk setiap harinya agar siswa tidak merasa bosan. Karena itu daftar harga yang terdapat pada setiap stad kantin kejujuran seringkali mengalami pembaharuan.
        Setiap pagi di hari sekolah pengurus OSIS yang piket kantin kejujuran meletakan jajanan yang dijual pada setiap stand. Dan ketika jam sekolah selesai, pengurus OSIS akan kembali mengemas uang hasil penjualan dan jajanan yang masih tersisa. Selanjutnya hasil dari penjualan di kantin kejujuran akan di hitung. Apabila memperoleh keuntungan berarti siswa SMA N Ajibarang sudah melakukan tindakan yang jujur. Namun apabila mendapat kerugian, itu berarti mereka belum sadar akan pentingnya kejujuran.

Komentar